RSS

Selasa, 17 Maret 2009

Dalam WINDOWS memiliki sebuah "perpustakaan" bernama Dynamic Link Library yang biasa disingkat dengan DLL. Untuk keperluan beberapa program, biasanya perpustakaan ini secara sementara diletakkan pada memori agar prosesor cukup mengakses memori, tidak perlu mondar-mandir ke hard disk yang kerjanya lebih lambat ketimbang memori.
Namun, pada beberapa kasus, file DLL yang berada di memori tidak dihapus meskipun tidak satu aplikasi pun membutuhkannya.
Akibatnya adalah pemborosan memori. Kalau memori yang ada pada komputer terbatas, misalnya cuma 64 MB, makakomputer bisa jalan amat lambat. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan file DLL yang sudah tidak dipakai., lakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Jalankan Registry Editor., caranya: klik [Start]>[Run] kemudian ketik "Regedit" lalu tekan [Enter].
2. Masuklah ke subkey My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
3. Klik [Edit]>[New]>[Key] pada jendela Registry Editor untuk membuat subkey baru di bawah key Explorer.
4. Beri nama subkey baru tadi dengan nama "AlwaysUnloadDLL".
5. Klik dua kali name (Default), kemudian isikan string value tersebut dengan nilai 1.
6. Tutup Registry Editor, kemudian restart Windows Anda

Jadi dapat di simpulkan bahwa:

Dynamic Link Library (DLL) merupakan file yang berisi rutin (procedure dan function) yang dapat dipanggil dari file EXE maupun dari file DLL lain. Dengan meletakkan rutin-rutin pada file DLL (terpisah dari file EXE) dan memeliki beberapa keuntungan..

Pertama, rutin-rutin yang bersifat umum dapat dipakai oleh beberapa aplikasi pada saat yang bersamaan dan hanya diperlukan satu copy di memory atau disk. Anda dapat mengatur supaya rutin-rutin yang terdapat pada DLL tersebut dimuat ke memory hanya saat diperlukan saja. Jika tidak diperlukan maka DLL tersebut dapat dibuang dari memory. Dengan demikian aplikasi yang Anda buat dapat lebih menghemat penggunaan memory.

kedua, aplikasi menjadi bersifat modular. Anda dapat melakukan update aplikasi yang Anda buat tanpa harus mengupdate file EXE.Dengan demikian Anda cukup menyertakan patches kepada program Anda tanpa Anda harus menyertakan seluruh aplikasi.
Ketiga ukuran file EXE menjadi lebih kecil karena beberapa kode program diletakkan pada file DLL

0 komentar: